• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Kecepatan Jarak dan Waktu pada Siswa Kelas V Di SDN Dabasah 1 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    ANDI KURNIAWAN_180210204177.pdf (3.093Mb)
    Date
    2023-01-12
    Author
    KURNIAWAN, Andi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Orientasi pendidikan siswa dapat memperoleh empat keterampilan yang dibutuhkan seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Siswa membutuhkan keterampilan literasi matematis untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari materi kecepatan, jarak dan waktu pada siswa kelas V SDN Dabasah 1 Bondowoso. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Non-Ekuivalen Control Grup dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan uji validasi instrumen, uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Nilai rata-rata tes literasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 19,43 dan kelas kontrol adalah 9,71. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,595 > 2,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan Literasi Matematis pada materi kecepatan, jarak, dan waktu pada siswa kelas V SDN Dabasah 1 Bondowoso.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116298
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository