dc.contributor.author | KURNIAWAN, Andi | |
dc.date.accessioned | 2023-05-22T02:14:53Z | |
dc.date.available | 2023-05-22T02:14:53Z | |
dc.date.issued | 2023-01-12 | |
dc.identifier.nim | 180210204177 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116298 | |
dc.description.abstract | Orientasi pendidikan siswa dapat memperoleh empat keterampilan yang dibutuhkan seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Siswa membutuhkan keterampilan literasi matematis untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi matematis ditinjau dari materi kecepatan, jarak dan waktu pada siswa kelas V SDN Dabasah 1 Bondowoso. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Non-Ekuivalen Control Grup dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan uji validasi instrumen, uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Nilai rata-rata tes literasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 19,43 dan kelas kontrol adalah 9,71. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,595 > 2,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan Literasi Matematis pada materi kecepatan, jarak, dan waktu pada siswa kelas V SDN Dabasah 1 Bondowoso. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Literasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Kecepatan Jarak dan Waktu pada Siswa Kelas V Di SDN Dabasah 1 Bondowoso | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr M Sulthon Masyhud, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 22 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |