• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemilihan Tipe Perkerasan pada Perbaikan Jalan Andongrejo – Pantai Bandealit Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Dwi Hartanti_Repository Unej.pdf (3.754Mb)
    Date
    2023-01-12
    Author
    HARTANTI, Nurul Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai daerah di provinsi jawa timur yang terletak di bagian selatan membuat Jember memiliki potensi wisata pesisir selatan di pantai dengan panjang lebih kurang 170 kilometer. Namun potensi wisata pesisir selatan ini belum maksimal dikarenakan akses jalan yang cenderung sulit dilalui. Agar potensi pariwisata dapat lebih berkembang salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah transportasi. Pantai Bandealit merupakan kawasan wisata yang sangat potensial namun memiliki akses jalan yang sulit dilewati. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Jember memiliki rencana untuk melakukan perbaikan akses menuju Pantai Bandealit dengan memperbaiki jalan yang menghubungkan Andongrejo menuju Pantai Bandealit. Dalam penelitian ini terdapat dua alternatif tipe perkerasan yaitu perkerasan lentur dan perkerasan kaku dan akan dilakukan pemilihan tipe perkerasan yang paling efisien berdasarkan nilai discounted life cycle cost. Untuk melakukan penelitian ini dibutuhkan data primer berupa nilai California BearingRatio (CBR), LHR, serta data sekunder berupa gambar rencana, dan AHSP. Metode penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data, kemudian dilakukan pemilihan tipe serta tebal masing-masing alternatif perkerasan berdasarkan MDPJ 2017 dan dilakukan pengecekan tebal perkerasan menggunakan Pt T-01-2002-B untuk perkerasan lentur serta Pd T-14-2003 untuk perkerasan kaku. Selanjutnya dilakukan analisis life cycle cost untuk mengetahui total biaya konstruksi dan biaya pemeliharaan selama umur rencana serta discounted life cycle cost untuk memilih alternatif perkerasan yang paling efisien. Hasil penelitian didapatkan tebal perkerasan lentur dengan AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, dan lapis pondasi agregat kelas A 400 mm memiliki nilai life cycle cost sebesar Rp 120,389,685,046.08. Sedangkan tebal perkerasan kaku terdiri dari pelat beton 160 mm dan lapis pondasi agregat kelas A 150 mm memiliki nilai life cycle cost sebesar Rp 97,966,678,179.17. Dari perhitungan life cycle cost diketahui nilai life cycle cost perkerasan kaku lebih rendah 18,6 % dibandingkan dengan perkerasan lentur dan berdasarkan discounted life cycle cost diperoleh alternatif perkerasan yang paling efisien adalah perkerasan kaku.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116294
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4366]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository