Pengaruh Videoscribe terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada pembelajaran IPA untuk materi klasifikasi materi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design menggunakan desain penelitian pretest and posttest desig. Sampel adalah kelas VII SMP Negeri 11 Jember dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan media videoscribe sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-test yang telah terdistribusi normal dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media videoscribe berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi klasifikasi materi dan perubahannya. Tampilan media yang menarik berupa video, animasi, gambar, dan suara dapat menstimulus peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]