Profil Literasi Bioteknologi Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA
View/ Open
Date
2022-04-02Author
AFIF, Ghozi Aminurrahman
SUPENO, Supeno
RIDLO, Zainur Rasyid
Metadata
Show full item recordAbstract
Literasi bioteknologi merupakan salah satu bagian dari literasi sains yang dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam bidang bioteknologi. Literasi bioteknologi menjadi penting bagi siswa karena literasi bioteknologi mencakup kecakapan terhadap isu-isu yang terkait sains. Penilaian literasi yang dikhususkan pada materi bioteknologi masih sangat minim dikarenakan materi bioteknologi termasuk materi yang baru. Selain itu, penilaian mengenai literasi selama ini hanya literasi sains dan tidak terfokus pada literasi bioteknologi. Oleh karena itu, diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan memetakan kemampuan literasi bioteknologi sehingga guru dapat merancang pembelajaran bioteknologi yang baik serta mampu menyesuaikan dan melakukan upaya perbaikan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa dalam materi bioteknologi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes literasi bioteknologi yang telah disusun berdasarkan tujuh aspek literasi dan telah melalui proses validasi dan dinyatakan sah untuk digunakan. Subjek penelitian adalah siswa berusia 15-16 tahun yang telah mengikuti pembelajaran IPA pada materi bioteknologi pangan pada jenjang SMP kelas IX di semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi bioteknologi siswa SMP berada pada kategori cukup dengan capaian rata-rata sebesar 55,1. Literasi bioteknologi terendah yang dikuasai oleh siswa adalah pada aspek memahami dan menginterpretasikan statistik dasar, menginterpretasi kesalahan, dan memahami kebutuhan untuk analisis statistik dengan capaian rata-rata skor sebesar 1,48 dari skor maksimal 4,00.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]