Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting : Study Sekolah Perempuan Jember
Abstract
Penerapan pendidikan kesehatan reproduksi sering dianggap tabu oleh banyak
masyarakat khususnya bagi para orang tua. Akibat yang muncul dari kurangnya pemahaman
pendidikan kesehatan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penerapan pendidikan kesehatan reproduksi pada orang tua anak usia dini di sekolah perempuan
Jember. Penentuan tempat ditentukan dengan metode Purposive Area. Untuk menggali data
peneliti menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dilakukan
dengan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi sumber,
waktu dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang
diperoleh yaitu penerapan pendidikan kesehatan reproduksi dilakukan dengan menggabungkan
aspek menjaga kebersihan diri dan cara menjaga diri dari kekerasan seksual. Untuk membangun
komunikasi dalam menyampaikan pesan kesehatan reproduksi yang baik antara orangtua dan
anak maka penerapan metode hypnoparenting dilakukan dengan memperhatikan pemilihan
waktu efektif, alat bantu dan naskah sugesti. Sehingga didapat hasil bahwa orangtua memiliki
pandangan yang positif terhadap pendidikan kesehatan reproduksi tanpa berfikir tabu lagi.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]