Pengaruh Bauran pemasaran, Bagi hasil dan Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah BMT-NU Grujugan Kabupaten Bondowoso
Abstract
Loyalitas Nasabah ialah sikap atupun pola perilaku seorang nasabah atau
konsumen terhadap penggunaan produk hasil dari pengalaman mereka sebelumnya.
Loyalitas terbentuk dari dua komponen, loyalitas sebagai perilaku yaitu pembelian
ulang yang konsisten dan loyalitas sebagai sikap yaitu sikap positif terhadap suatu
produk atau produsen (penyedia jasa) ditambah dengan pola pembelian yang
konsisten. Faktor yang mempengaruhi Loyalitas nasabah diantaranya Bauran
pemasaran, Bagi hasil dan Kualitas pelayanan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Bauran
pemasaran, Bagi hasil dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah.
Penelitian ini merupakan penelitian Explanatory Survey Method yakni penelitian
yang menjelaskan hubungan sebab dan menguji keterkaitan antara beberapa
variabel melalui pengujian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
nasabah BMT-NU Grujugan yang berjumlah 776 nasabah dan terpilih 100
responden. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan Sampel menggunakan
metode Purposive sampling penelitian ini menggunakan persamaan regresi linier
berganda dan data yang diperoleh diolah menggunakan Aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelian ini diambil dari hasil uji regresi. Hasil uji yaitu pertama, secara
parsial Bauran pemasaran tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Loyalitas nasabah. Hasil uji yang kedua, secara parsial Bagi hasil berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah. Hasil uji ketiga, secara parsial
Kualitas pelayanan perpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas nasabah.
Hasil uji keempat, secara simultan variabel Bauran pemasaran, Bagi hasil dan
Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas nasabah.