Desain Inovatif Model Belajar Mengajar Fisika Berbasis Metode Dinamika Molekul Untuk Menjelaskan Prosesproses Fisika Mikroskopik
Date
2014-12-01Author
SAFITRI, Heni
HERAWATI, Herawati
ARKUNDATO, Artoto
SUDARKO, Sudarko
Metadata
Show full item recordAbstract
Proses-proses fisika fundamental mikroskopis yang melibatkan interaksi atom-atom
sulit sekali diamati dengan mata telanjang. Hal ini karena perangkat pengamatan
yang memadai belum ada atau sulit untuk dibuat dan tidak murah. Oleh karena itu
pada umumnya pengajaran fisika terutama di SMA untuk proses-proses yang
melibatkan atom-atom (abstrak) belum mampu dilakukan di laboratorium sekolah.
Hal ini berpotensi gambaran proses mikro fisika yang diajarkan kurang difahami dan
dimengerti siswa. Metode dinamika molekul merupakan salah satu metode komputasi
dalam fisika yang popular untuk mensimulasikan gerak partikel, atom, molekul
sampai untuk obyek berukuran besar seperti planet dalam galaksi. Dengan metode
dinamika molekul gerak atom-atom suatu cairan dapat diprediksi dengan baik bahkan
dapat divisualisikan dengan sangat menarik dan informatif.
Collections
- LSP-The Research [166]