Desain Inovatif Model Belajar Mengajar Fisika Berbasis Metode Dinamika Molekul Untuk Menjelaskan Prosesproses Fisika Mikroskopik
dc.contributor.author | SAFITRI, Heni | |
dc.contributor.author | HERAWATI, Herawati | |
dc.contributor.author | ARKUNDATO, Artoto | |
dc.contributor.author | SUDARKO, Sudarko | |
dc.date.accessioned | 2023-05-10T07:40:55Z | |
dc.date.available | 2023-05-10T07:40:55Z | |
dc.date.issued | 2014-12-01 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116031 | |
dc.description.abstract | Proses-proses fisika fundamental mikroskopis yang melibatkan interaksi atom-atom sulit sekali diamati dengan mata telanjang. Hal ini karena perangkat pengamatan yang memadai belum ada atau sulit untuk dibuat dan tidak murah. Oleh karena itu pada umumnya pengajaran fisika terutama di SMA untuk proses-proses yang melibatkan atom-atom (abstrak) belum mampu dilakukan di laboratorium sekolah. Hal ini berpotensi gambaran proses mikro fisika yang diajarkan kurang difahami dan dimengerti siswa. Metode dinamika molekul merupakan salah satu metode komputasi dalam fisika yang popular untuk mensimulasikan gerak partikel, atom, molekul sampai untuk obyek berukuran besar seperti planet dalam galaksi. Dengan metode dinamika molekul gerak atom-atom suatu cairan dapat diprediksi dengan baik bahkan dapat divisualisikan dengan sangat menarik dan informatif. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Terbuka | en_US |
dc.subject | Dinamika Molekul | en_US |
dc.title | Desain Inovatif Model Belajar Mengajar Fisika Berbasis Metode Dinamika Molekul Untuk Menjelaskan Prosesproses Fisika Mikroskopik | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
LSP-The Research [167]
Laporan Penelitian