Pengembangan Video Pembelajaran Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SMP
Date
2021-08-01Author
KHASANAH, Uswatun
BUDIARSO, Aris Singgih
WAHYUNI, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengembangan video pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan video pembelajaran yang valid dan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan
video pembelajaran yang dikembangkan. Desain penelitian pengembangan yang digunakan
adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Video pembelajaran yang telah dikembangkan diuji kelayakan
produk oleh validator ahli dan pengguna. Hasil validasi video pembelajaran dikategorikan valid
dengan persentase tingkat validitas mencapai 92%. Hasil kepraktisan pembelajaran
menunjukkan pelaksanaannya sangat baik dengan nilai persentase 92%. Hasil keefektifan video
pembelajaran menunjukkan kriteria sedang dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,45.
Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan video pembelajaran yang
dikembangkan, validitas video pembelajaran dikategorikan valid, sedangkan kepraktisan
pembelajaran dilaksanakan dengan sangat baik dan keefektifan pembelajaran yang digunakan
dikategorikan sedang. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi sumber
belajar siswa di SMP.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]