Analisis Produksi Video Pembelajaran pada Tugas Proyek Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatan Tema Fenomena Optik
Date
2021-08-01Author
AHMAD, Nur
PUTRA, Pramudya Dwi Aristya
WAHYUNI, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Kondisi wabah Covid-19 menuntut para dosen berinovasi agar mahasiswa tertarik
dan mudah memahami konten walaupun pembelajaran terpisah oleh jarak. Tak hanya dosen
ataupun guru, calon guru pun harus sudah berlatih membuat video pembelajaran yang inovatif
dan menarik. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang berupaya untuk
menganalisis video pembelajaran meliputi kekurangan dan kelebihan video yang dibuat oleh
mahasiswa. Video tersebut dibuat secara berkelompok yang terdiri dari 2 mahasiswa dan ada
beberapa dengan 3 mahasiswa. Semua video membahas materi rumpun Fisika sesuai dengan
dosen pengampu. Sebanyak 55 video dibuat oleh 3 kelas belum sempat diunggah di media
sosial maupun media video online. Hasil Penelitian menunjukkan sebanyak 55 video
pembelajaran, memiliki durasi rata-rata 4 menit 32 detik. Nilai Akhir skor video pembelajaran
tertinggi mencapai 81 dan nilai terendah sebesar 69. Menurut Observasi kekurangan pembuatan
proyek video pembelajaran pada umumnya terletak pada kualitas suara dan penyajian. Suara
presenter ditemukan beberapa kurang keras, kurang jernih dan kadang terganggu oleh suara
backsound. Mayoritas video ada perkenalan tiap-tiap mahasiswa sebagai presenter. Kekurangan
yang sering terlihat pada penyajian yaitu penulisan nama, NIM dan judul tidak ditampilkan di
awal video. Beberapa ada kualitas video yang kurang karena kualitas kamera rendah maupun
pencahayaan yang kurang.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]