Analisis Produksi Video Pembelajaran pada Tugas Proyek Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatan Tema Fenomena Optik
Date
2021-08-01Author
AHMAD, Nur
PUTRA, Pramudya Dwi Aristya
WAHYUNI, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Kondisi wabah Covid-19 menuntut para dosen berinovasi agar mahasiswa tertarik 
dan mudah memahami konten walaupun pembelajaran terpisah oleh jarak. Tak hanya dosen 
ataupun guru, calon guru pun harus sudah berlatih membuat video pembelajaran yang inovatif 
dan menarik. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang berupaya untuk 
menganalisis video pembelajaran meliputi kekurangan dan kelebihan video yang dibuat oleh 
mahasiswa. Video tersebut dibuat secara berkelompok yang terdiri dari 2 mahasiswa dan ada 
beberapa dengan 3 mahasiswa. Semua video membahas materi rumpun Fisika sesuai dengan 
dosen pengampu. Sebanyak 55 video dibuat oleh 3 kelas belum sempat diunggah di media 
sosial maupun media video online. Hasil Penelitian menunjukkan sebanyak 55 video 
pembelajaran, memiliki durasi rata-rata 4 menit 32 detik. Nilai Akhir skor video pembelajaran 
tertinggi mencapai 81 dan nilai terendah sebesar 69. Menurut Observasi kekurangan pembuatan 
proyek video pembelajaran pada umumnya terletak pada kualitas suara dan penyajian. Suara 
presenter ditemukan beberapa kurang keras, kurang jernih dan kadang terganggu oleh suara 
backsound. Mayoritas video ada perkenalan tiap-tiap mahasiswa sebagai presenter. Kekurangan 
yang sering terlihat pada penyajian yaitu penulisan nama, NIM dan judul tidak ditampilkan di 
awal video. Beberapa ada kualitas video yang kurang karena kualitas kamera rendah maupun 
pencahayaan yang kurang.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7430]