Uji Kelayakan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP
View/ Open
Date
2022-04-01Author
SAFITRI, W
BUDIARSO, A S
WAHYUNI, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu (1)
Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, (5) Evaluate. Instrumen penelitian berupa
lembar validasi, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, tes, dan angket respon siswa.
Penilaian validitas diperoleh dari lembar validasi untuk mengetahui kevalidan E-LKPD.
Sedangkan penilaian kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan E-LKPD berbasis PBL. Penilaian efektivitas dengan tes keterampilan
proses sains berupa pretes dan postes yang diukur menggunakan N-gain, serta angket respon
berdasarkan tanggapan dari siswa setelah menggunakan E-LKPD berbasis PBL. Hasil validasi
E-LKPD berbasis PBL memperoleh persentase sebesar 85% dengan kriteria valid. Reliabilitas
dengan Percentage Agreement (PA) sebesar 92% dengan kriteria reliabel. Kepraktisan
memperoleh persentase 87% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan dilihat dari rerata
pretes dan postes menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,67 dengan kriteria
sedang. Sedangkan respon siswa memperoleh persentase sebesar 81% dengan kriteria sangat
baik. Kesimpulan penelitian ini adalah E-LKPD berbasis PBL layak digunakan dalam
pembelajaran
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7295]