Pengembangan E-modul Berbasis Blended Learning pada Materi Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Date
2022-04-30Author
SARI, Arista Purnama
WAHYUNI, Sri
BUDIARSO, Aris Singgih
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis blended learning yang valid, praktif, dan efektif
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik
yang tersusun atas multimedia yang dapat digunakan secara fleksibel. Metode penelitian ini menggunakan desain
pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis blended learning
memenuhi kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul berbasis blended learning
kemudian digunakan sebagai bahan ajar untuk memperoleh kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran
dengan hasil yang diperoleh dalam kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan e-modul berbasis blended learning
diperoleh berdasarkan tes keterampilan berpikir kritis siswa yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor
siswa setelah menggunakan e-modul berbasis blended learning dan respon siswa terhadap penggunaan e-modul
dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis blended learning layak
digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa untuk mengimplementasikan materi yang disajikan dalam kehidupan sehari har
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]