Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Digital SMP
View/ Open
Date
2022-10-25Author
WAHYUNI, Sri
WULANDARI, ELOK U. P
RUSDIANTO, Rusdianto
FADILAH, RIZKA E.
YUSMAR, Firda
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan
keefektifan modul mobile learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan
untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP. Pengembangan bahan ajar modul mobile
learning berbasis android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan ini didasari oleh
kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran abad 21 yang identik dengan
pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi. Metode penelitian ini adalah desain
pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan,
pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
persentase validitas modul mobile learning berbasis Android adalah 91% dari rata-rata tiga
validator, (2) persentase kepraktisan modul mobile learning berbasis Android adalah 96, 8%,
(3) skor keefektifan modul mobile learning berbasis android adalah 0,45 yang diperoleh dari
uji N-gain dan 97% dari angket respon siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa modul mobile
learning berbasis android valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa
SMP.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]