Pengaruh Model Discovery Learning dengan Bantuan Media Audio Visual Berbasis Animasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian adalah kuantitatif, metode penelitian menggunakan eksperimen, desain penelitian menggunakan quasi experimental control group design pretest-posttest serta rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV A dan IV B di SDN Jember Lor 02 yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian kelas IV A sebanyak 30 siswa dan kelas IV B sebanyak 30 siswa. Hitung rata-rata nilai kelas eksperimen yakni 12,13 sedangkan pada kelas kontrol 6,13, sehingga rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil uji keefektifan relatif yakni mendapatkan ER 65,71 % yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap konsep IPA kelas IV SDN Jember Lor 02.