Show simple item record

dc.contributor.authorNOFALA, Jihan Adilia
dc.date.accessioned2023-05-04T07:53:02Z
dc.date.available2023-05-04T07:53:02Z
dc.date.issued2022-12-16
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115871
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian adalah kuantitatif, metode penelitian menggunakan eksperimen, desain penelitian menggunakan quasi experimental control group design pretest-posttest serta rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV A dan IV B di SDN Jember Lor 02 yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian kelas IV A sebanyak 30 siswa dan kelas IV B sebanyak 30 siswa. Hitung rata-rata nilai kelas eksperimen yakni 12,13 sedangkan pada kelas kontrol 6,13, sehingga rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil uji keefektifan relatif yakni mendapatkan ER 65,71 % yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap konsep IPA kelas IV SDN Jember Lor 02.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Nuriman, Ph.D dan Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectDISCOVERY LEARNINGen_US
dc.titlePengaruh Model Discovery Learning dengan Bantuan Media Audio Visual Berbasis Animasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 4 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record