Show simple item record

dc.contributor.authorAnsyari Novan Triady
dc.date.accessioned2013-12-20T10:43:26Z
dc.date.available2013-12-20T10:43:26Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM010810301159
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11586
dc.description.abstractPenelitian ini membandingkan antara mahasiswa akuntansi yang memilih karir sebagai akuntan publik dan mahasiswa akuntansi yang memilih karir non akuntan publik setelah diselenggarakannya Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Kuesioner yang disebarkan terdiri dari 24 pernyataan yang meliputi satu variabel tentang minat terhadap karir sebagai akuntan publik dan enam variabel persepsi mahasiswa terhadap karir sebagai akuntan publik yang meliputi nilai intrinsik pekerjaan akuntan publik, fleksibilitas pekerjaan akuntan publik, gaji/peghargaan finansial akuntan publik, kesempatan profesi akuntan publik, manfaat profesi akuntan publik, dan pengorbanan profesi akuntan publik. Dengan menggunakan metode survey terhadap 150 responden mahasiswa senior dan junior pada semua program studi yang ada di jurusan akuntansi Universitas Negeri Jember, uji regresi statistik logistik digunakan untuk mengetahui pengaruh PPAk terhadap minat mahasiswa senior dan junior di semua program studi jurusan akuntansi Universitas Negeri Jember pada karir sebagai akuntan publik. Independent Sample T-test digunakan untuk membandingkan persepsi mahasiswa senior dan junior di semua program studi jurusan akuntansi Universitas Negeri Jember pada karir sebagai akuntan publik. Disamping itu analisis diskriminan juga digunakan untuk menaksir kemampuan dari keempat variabel dalam membedakan kedua kelompok senior dan junior Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan regresi statistik Logistic, terdapat pengaruh penyelenggaraan PPAk terhadap minat mahasiswa senior dan junior pada semua program studi jurusan akuntansi Universitas Negeri Jember pada karir sebagai akuntan publik. Berdasarkan Independent Sample T- test, secara rata-rata mahasiswa dalam memilih karir sebagai akuntan publik dipengaruhi oleh keenam variabel. Dari keempat variabel tersebut hanya tiga variabel yang berbeda secara statistic signifikan: (1) nilai intrinsik pekerjaan akuntan publik, (2) fleksibilitas pekejaan terhadap penghargaan finansial, (3) manfaat dalam pengorbanan profesi akuntan publik. Hasil ini juga didukung oleh hasil analisis diskriminan. Variabel yang paling bisa menjadi pembeda diantara kedua kelompok tersebut adalah kesempatan profesi akuntan publik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010810301159;
dc.subjectKata kunci: minat, persepsi, mahasiswa akuntansi senior dan junior, akuntan publiken_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI TERHADAP MINAT DAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI PADA KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIKen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record