Perancangan User Interface Aplikasi Media Pembelajaran Al-Quran Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Taman Kanak-kanak (TK) merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Secara harfiah, usia anak 4 sampai 6 tahun disebut sebagai masa usia prasekolah. Taman Kanak-kanak (TK) pada saat ini dalam mengenalkan huruf, angka, bacaan, dan warna membutuhkan media sebagai sarana pembelajaran. Beberapa anak yang kurang dalam memahami materi yang diajarkan oleh gurunya kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal antara lain kurangnya alat peraga, dan minimnya media sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking untuk mengembangkan rancangan desain user interface media pembelajaran Al-Quran. Metode Design Thinking merupakan metode pemecahan masalah secara kreatif yang melibatkan pengguna ke dalam proses berpikir dan menjadikan perspektif pengguna sebagai pertimbangan utama dari proses pemecahan masalah. Adapun tahapannya terdiri dari Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Design Thinking dapat digunakan dalam perancangan desain user interface media pembelajaran Al-Quran. Pengembangan rancangan desain user interface media pembelajaran ini membutuhkan karakteristik pengguna yang menjadi landasan dan acuan utama dalam rancangan desain media pembelajaran. Saran yang dapat diberikan pada pengembangan penelitian lebih lanjut perancangan user interface dari media pembelajaran menjadi sebuah pengembangan perangkat lunak sehingga dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan hasil yang diharapkan. Diharapkan dalam mengembangkan perancangan user interface ditambahkan berbagai macam pelatihan mengenai pembelajaran membaca Al-Quran seperti huruf-huruf bersambung, tanda baca lainnya, dan tajwid secara lengkap