Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Sereal Beras Merah Organik PT Sirtanio Organik Indonesia di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Kesehatan menjadi aspek yang sangat penting karena saat ini banyak sekali penyakit yang mulai muncul dan menyerang masyarakat. Penyakit yang menyerang masyarakat adalah akibat dari konsumsi terhadap makanan yang tidak sehat. Masyarakat saat ini sudah mulai beralih ke pola hidup yang sehat untuk menghindari berbagai penyakit yang merugikan. Munculnya kesadaran masyarakat akan bahaya kandungan zat kimia membuat masyarakat lebih selektif dalam memilih produk untuk dikonsumsi. Produk organik menjadi trend untuk saat ini sehingga kebutuhan terhadap produk organik mengalami peningkatan salah satunya produk sereal beras merah organik PT. Sirtanio Organik Indonesia. Produksi sereal beras merah apabila hanya ada pesanan dari konsumen saja dikarenakan sereal beras merah organik belum dikenal secara luas oleh konsumen dan kurangnya promosi sereal beras merah organik sehingga belum memiliki target pasar disamping produk sereal beras merah yang mahal yaitu Rp17.500/100 gram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) karakteristik konsumen sereal beras merah organik PT. Sirtanio Organik Indonesia (2) nilai kesediaan membayar dan (3) faktor apa saja yang mempengaruhi kesediaan membayar sereal beras merah organik PT. Sirtanio Organik Indonesia.
Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode memilih secara sengaja (Purposive Method) yakni di PT. Sirtanio Organik Indonesia di Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Penentuan informan penelitian dengan menggunakan metode Purposive Sampling dengan pertimbangan informan yang akan digunakan adalah konsumen yang telah melakukan pembelian minimal satu kali sereal beras merah organik PT. Sirtanio Organik Indonesia sehingga didapatkan 50 informan. Analisis kesediaan membayar menggunakan metode bidding game dan CVM. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar sereal beras merah organik PT. Sirtanio Organik Indonesia akan dianalisis menggunakan analisis logit.
Hasil Karakteristik demografi konsumen sereal beras merah organik PT. Sirtanio Organik Indonesia di Kabupaten Banyuwangi memiliki rentang usia 36-50 tahun (40%), berjenis kelamin perempuan (52%), menempuh pendidikan Non PT (52%), memiliki pekerjaan (80%) memiliki pendapatan Rp2.500.000 – Rp5.000.000 (72%) dan berstatus menikah (64%). Hasil kesediaan membayar dengan nilai rata-rata WTP untuk setiap satu kemasan 100 gram adalah sebesar Rp 17.900. nilai ini lebih besar dibandingkan harga yang telah ditetapkan produsen yaitu Rp 17.500 sehingga didapat surplus konsumen sebesar Rp 400. PT. Sirtanio Organik Indonesia dapat menggunakan nilai tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk kenaikan harga dalam penetapan harga sereal beras merah organik. Harga jual produk awalnya Rp. 17.500 bisa ditingkatkan maksimal menjadi Rp. 17.900 karena harga tersebut masih dapat dijangkau oleh konsumen-konsumen di PT. Sirtanio Organik Indonesia.
Hasil Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap kesediaan membayar produk sereal beras merah organik di Kabupaten Banyuwangi secara signifikan pada selang kepercayaan 95% adalah faktor pendapatan dan status pernikahan untuk signifikan pada selang kepercayaan 90% yaitu faktor usia. Hal ini menunjukkan bahwa pangsa pasar usaha produk tersebut merupakan konsumen dengan rentang usia 36-50 tahun memiliki pendapatan Rp2.500.000 – Rp5.000.000 dan berstatus menikah dapat digunakan sebagai acuan tindakan kebijakan pemasaran perusahaan. PT. Sirtanio Organik Indonesia perlu memusatkan target dengan rentang usia 36-50 tahun. Selain itu, perusahaan perlu menetapkan tempat pemasaran produk yang dapat dijangkau konsumen mengingat produk baru dibuat jika ada pesanan. Lebih intensif dalam melakukan promosi produk pada media offline dan online mengingat akses produk hanya berada di kantor PT. Sirtanio Organik Indonesia
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]