• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rancang Bangun Sistem Pengendali Kecepatan Motor Brushless Direct Current Pada Kendaraan Listrik Menggunakan Metode Fuzzy Inference System

    Thumbnail
    View/Open
    Abdul Kharis Ismail-151910201095.pdf (2.907Mb)
    Date
    2019-05-06
    Author
    ISMAIL, Abdul Kharis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motor Direct Current adalah jenis motor yang paling banyak digunakan hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengendalian kecepatan. Namun pada motor Direct Current menggunakan komutator mekanik yaitu sikat sehingga memiliki rugi-rugi gesekan pada komuntator serta pemeliharaan yang rutin atau penggantian sikat secara berkala. Untuk mengatasi masalah tersebut, dipilih motor Brushless Direct Current karena memiliki beberapa keunggulan dari pada motor Direct Current biasa, keunggulan tersebut antara lain adalah memiliki efisiensi yang lebih tinggi dan tidak menggunakan sikat sehingga bisa tahan lama. Sistem pengendali digunakan untuk optimalisasi kerja mesin listrik kendaraan. Sistem pengendali Brushless Direct Current jenis Permanent Magnet ini menggunakan motor dengan daya nomial sebesar 350 Watt, sedangkan tegangan sumber pada motor Brushless Direct Current yang digunakan sebesar 36 Volt DC dari sumber energi baterai. Dalam perancangan sistem pengendali motor Brushless Direct Current tanpa menggunakan metode FIS dan menggunakan metode FIS. Dalam pengujian dilakukan uji akselerasi, uji deselerasi dan uji efisiensi sistem pada sistem pengendali motor Brushless Direct Current. Pada saat pengujian dinamis tanpa menggunakan metode FIS hasil efisiensi sistem dalam satuan jarak tempuh per energi yaitu dengan jarak total lintasan sepanjang 2400 m diperoleh energi yang dikeluarkan sebesar 6,7 Wh dengan efisiensi sistem dalam satuan jarak per energi sebesar 358,2 km/kWh. Sedangkan menggunakan metode FIS diperoleh energi yang dikeluarkan sebesar 6,3 Wh dengan efisiensi sistem dalam satuan jarak per energi sebesar 380,95 km/kWh.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115633
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository