Show simple item record

dc.contributor.authorISMAIL, Abdul Kharis
dc.date.accessioned2023-04-18T04:50:44Z
dc.date.available2023-04-18T04:50:44Z
dc.date.issued2019-05-06
dc.identifier.nim151910201095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115633
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 April 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractMotor Direct Current adalah jenis motor yang paling banyak digunakan hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengendalian kecepatan. Namun pada motor Direct Current menggunakan komutator mekanik yaitu sikat sehingga memiliki rugi-rugi gesekan pada komuntator serta pemeliharaan yang rutin atau penggantian sikat secara berkala. Untuk mengatasi masalah tersebut, dipilih motor Brushless Direct Current karena memiliki beberapa keunggulan dari pada motor Direct Current biasa, keunggulan tersebut antara lain adalah memiliki efisiensi yang lebih tinggi dan tidak menggunakan sikat sehingga bisa tahan lama. Sistem pengendali digunakan untuk optimalisasi kerja mesin listrik kendaraan. Sistem pengendali Brushless Direct Current jenis Permanent Magnet ini menggunakan motor dengan daya nomial sebesar 350 Watt, sedangkan tegangan sumber pada motor Brushless Direct Current yang digunakan sebesar 36 Volt DC dari sumber energi baterai. Dalam perancangan sistem pengendali motor Brushless Direct Current tanpa menggunakan metode FIS dan menggunakan metode FIS. Dalam pengujian dilakukan uji akselerasi, uji deselerasi dan uji efisiensi sistem pada sistem pengendali motor Brushless Direct Current. Pada saat pengujian dinamis tanpa menggunakan metode FIS hasil efisiensi sistem dalam satuan jarak tempuh per energi yaitu dengan jarak total lintasan sepanjang 2400 m diperoleh energi yang dikeluarkan sebesar 6,7 Wh dengan efisiensi sistem dalam satuan jarak per energi sebesar 358,2 km/kWh. Sedangkan menggunakan metode FIS diperoleh energi yang dikeluarkan sebesar 6,3 Wh dengan efisiensi sistem dalam satuan jarak per energi sebesar 380,95 km/kWh.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectKendaraan Listriken_US
dc.subjectMetode Fuzzy Inference Systemen_US
dc.subjectBrushless Direct Currenten_US
dc.subjectKecepatan Motoren_US
dc.titleRancang Bangun Sistem Pengendali Kecepatan Motor Brushless Direct Current Pada Kendaraan Listrik Menggunakan Metode Fuzzy Inference Systemen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Elektroen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bambang Sri Kaloko, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Widyono Hadi, M.T.en_US
dc.identifier.validatorIghfirlinaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record