• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perlindungan Hukum Bagi Konsumen atas Penginputan Data Meteran Air yang Mengakibatkan Besarnya Tagihan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Bayuangga

    Thumbnail
    View/Open
    SYAHRIAL ADAM ALTRIARA_180710101199 .pdf (1.535Mb)
    Date
    2023-01-16
    Author
    ALTRIARA, Syahrial Adam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Memasukkan data meteran air merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Bayuangga dan memiliki kekurangan sehingga kualitas pemasukan data tersebut kurang sempurna.Perusahaan Umum Daerah Air Minum Bayuangga yang melakukan kesalahan dalam memasukkan data meteran air dianggap telah melakukan pelanggaran hak-hak konsumen dan kewajiban pelaku usaha yang diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil analisis terdiri dari sub bab pembahasan yang menunjukkan bahwa pertama bentuk Perlindungan Hukum sudah terdapat dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. Kedua, tanggung jawab Perusahaan Umum Daerah Air Minum sebagai pelaku usaha penyedia sistem data meteran air yang merupakan kewajiban karena telah merugikan konsumen atas jumlah data meteran air yang sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh konsumen akibat kesalahan input data meteran air dengan melihat Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. Kesimpulan dari penelitian skripsi ini adalah 1. Bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh pemerintah kepada Perusahaan Daerah Air Minum Bayuangga dan konsumen telah tercantum dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999; 2. Bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam pasal 19 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Mulai dari hak dan kewajiban pelaku usaha dan konsumen hingga bentuk ganti rugi yang harus diberikan oleh pelaku usaha terkait kerugian yang diderita oleh konsumen. Pelaku usaha bertanggung jawab penuh atas kesalahan penginputan data karena adanya kewajiban pertanggungjawaban; 3. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen yang dirugikan akibat kesalahan penginputan data meteran air oleh PDAM Bayuangga. Dapat mengajukan gugatan sesuai dengan Pasal 45 Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam menyelesaikan sengketa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115288
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6319]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository