Menumbuhkembangkan Scientific Awareness melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Bertema Green Industry
Abstract
Akhir-akhir ini, energi menjadi isu yang ramaimenjadi topik pembicaraan dan diksusi, mulai darinasionalhinggaglobal. Hal ini terkait erat dengan ketersediaan sumber energi di dunia sampai dengan masalah pemanasan global dan perubahan iklim. Poros pengembangan energi menjadi agenda politik prioritasdi berbagai negara di dunia. Pemerintah Indonesia juga telah merencanakan dan menjalankan beberapa kebijakan yang strategis secara nasional guna menjaga stabilitas energi nasional. Penyelamatan energi diarahkan ke energi hijau (Green Energy). Konsep energi hijau menjadi titik mula dikembangkannya industri yang kondusif terhadap lingkungan atau banyakdikenal melaluiistilah Green Industry. Green Industrymerupakan konsep industri yang hemat energi dan ramah lingkungan Hal ini ditandai dengan perlombaan para produsen yang melabeli produknya dengan label “Hemat Energi”, “Save Energy”, dan “Ecolable”. Untuk mendukung hal itu, siswa perlu dibentuk kesadaran ilmiahnya (Scientific Awareness) agar mampu berinovasi dalam koridor Green Industry. Tema Green Industry untuk membentuk Scientific Awareness siswa dapat diinternalisasikan ke dalam berbagai komponen pembelajaran dalam pembelajaranBahasa Indonesia karena diasumsikan sebagai wahana yang tepat untuk menyajikan pembelajaran berbasis konten (Content Based Learning) karena merupakan pembelajaran berbasis teks.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]