• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efek Program Makan Siang Bersama di Sekolah terhadap Status Gizi Siswa Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Erdiansyah Adhami-162010101024.SR.pdf (3.007Mb)
    Date
    2020-04-28
    Author
    ADHAMI, Erdiansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah gizi pada anak tingkat usia sekolah dasar saat ini masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Data Riskesdas tahun 2013 menyebutkan bahwa prevalensi anak dengan status gizi kurus di Indonesia sebesar 11,2%, terdiri dari 4% dengan status sangat kurus dan 7,2% kurus. Masalah gizi anak usia sekolah disebabkan antara lain karena kurangnya asupan gizi dan tingginya kebutuhan energi. Masalah gizi di Indonesia dan di negara berkembang lainnya didominasi oleh kekurangan protein, anemia defisiensi besi, dan kurangnya asupan iodium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Anderson et al. di California, Amerika Serikat pada tahun 2018, terdapat hubungan antara kualitas makan siang dengan peningkatan prestasi akademik. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Kusumawati pada tahun 2019 di Pondok Pesantren Darusalam Bogor. Setelah diadakan program makan siang bersama, status gizi para santri Pondok Pesantren Darusalam Bogor berbeda secara signifikan yang ditandai dengan meningkatnya rata-rata berat badan sebesar 1,27 kg. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan status gizi siswa pada sekolah yang mengadakan program makan siang bersama dan tidak mengadakan program makan siang bersama di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini, peneliti akan mengambil data variabel independen (program makan siang bersama di sekolah dan pengetahuan gizi siswa), maupun variabel dependen (status gizi pada siswa) antara SD swasta dan negeri di wilayah Jember kota. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling pada siswa kelas V dan terdapat 66 sampel dari kedua sekolah yang menjadi sampel pada penelitian ini. Sampel akan diukur berat badan dan tinggi badan untuk mengetahui status gizi pada sampel. Sampel juga akan diukur tingkat pengetahuan gizinya. Skoring status gizi menggunakan IMT/U karena sampel berusia 10-12 tahun dan dibedakan menurut jenis kelamin. Penelitian ini mendapatkan hasil berupa status gizi siswa SD swasta sebagian besar normal dan status gizi siswa SD negeri sebagian besar normal. Tidak ditemukan status gizi kurus dan sangat kurus pada siswa dua sekolah tersebut. Pengetahuan gizi siswa pada dua sekolah tersebut sebagian besar baik. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya perbedaan status gizi (p=0,132) pada siswa di sekolah yang menyelenggarakan program makan siang bersama dan tidak. Hal ini dapat disebabkan karena pola konsumsi pangan siswa di daerah kota hampir sama, dengan ekonomi masyarakat kota yang lebih mampu, dan tersedianya fasilitas kesehatan yang baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115238
    Collections
    • UT-Faculty of Medical [1545]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository