Teknik Persuasi pada Iklan "AQUA" dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasi
Abstract
Iklan merupakan komponen penting dalam proses pemasaran. Iklan
digunakan perusahaan untuk mempermudah proses pengenalan produk kepada
masyarakat secara luas dan masif. Berbagai macam teknik dan strategi digunakan
pengiklan dengan memperhatikan aspek-aspek lainnya seperti moral, pandangan
hidup, dan norma-norma yang berlaku di lingkungan tempat berkomunikasi.
Teknik dan strategi yang digunakan salah satunya dimuat dan ditayangkan melalui
penggunaan media. Retorika dalam iklan yang ditanyangkan di kanal youtobe
merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar yang
bertujuan untuk mempengaruhi orang lain termasuk fenomena retoris dalam
periklanan. Salah satu iklan yang memuat retorika persuasi dan menarik untuk
diteliti yakni iklan produk “AQUA”. Teknik persuasi pada iklan AQUA ini
menarik diteliti, disebabkan karena iklan AQUA merupakan salah satu bentuk
komunikasi yang mencakup persuasi dan alasan psikologis untuk mempengaruhi
pendapat, sikap, sifat, dan perilaku calon konsumen yang diharapkan bertingkah
untuk membeli produk AQUA. Teknik persuasi pada iklan AQUA dapat
dimanfaat sebagai alternatif materi pembelajaran menulis paragraf persuasi
tentang teks persuasi di SMP-sederajat kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017
pada KD 4.14 menyajikan teks persuasi secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan. Berdasarkan latar belakang
yang telah dipaparkan, maka penelitian ini mengambil teknik persuasi pada iklan
AQUA sebagai data penelitian untuk dianalisis. Oleh karena itu, pada penelitian
ini memuat rumusan masalah sebagai berikut, (1) bagaimanakah ethos, pathos,
dan logos dalam iklan “AQUA”, (2) bagaimanakah struktur persuasi dalam iklan
“AQUA”, dan (3) bagaimanakah pemanfaatan teknik persuasi pada iklan
“AQUA” sebagai alternatif materi pembelajaran menulis paragraf persuasi. Rancangan dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa bahasa
lisan dan tulis, gambar, dan gesture model iklan yang terdapat pada video iklan
“AQUA”. Sumber data penelitian ini yakni video iklan yang di dapat dari kanal
Youtobe “SehatAQUA”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yakni teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik mencatat.
Analisis data setelah pengumpulan data, dilakukan analisis dengan teknik analisis
data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Analisis data dilakukan dengan adanya intrumen yang menggunakan tabel analisis
data dengan prosedur penelitian yang mencakup tahap persiapan, tahap
pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil analisis penelitian ini memuat Ethos, Pathos, dan Logos yang terdapat
pada iklan AQUA yakni sebagai berikut. Ethos dalan iklan AQUA yakni
kreadibilitas yang merujuk pada gesture, model, intonasi, dan nada penyampaian
komunikator. Pathos dalam iklan AQUA berupa upaya dalam mengendalikan
emosional dan perasaan pendengar. Logos dalam iklan AQUA memuat
penggunaan bahasa, sistematika atau urutan cerita dalam beriklan, dan gaya
komunikasi. Dengan adanya pemenuhan komponen-komponen tersebut, struktur
persuasi dalam iklan “AQUA” mencakup pengendalian isu, rangkaian argumen,
pernyataan ajakan, dan penegasan kembali. Oleh karena itu, temuan dalam Iklan
AQUA dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam penyampaian materi
pembelajaran terkait bagaimana cara menulis paragraf persuasi.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa teknik persuasi pada
iklan “AQUA” yang sudah memenuhi tiga komponen teknik persuasi dari teori
retorika dan memenuhi struktur persuasi maka dapat dimanfaatkan sebagai
alternatif penyampaian materi terkait cara menulis paragraf persuasi. Selanjutnya,
penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan persuasi dalam
perspektif retorika dan mampu memberikan saran sebagai alternatif penyampaian
materi menulis paragraf persuasi.