Show simple item record

dc.contributor.authorFADILAH, Siti Ningrum
dc.date.accessioned2023-04-12T06:31:02Z
dc.date.available2023-04-12T06:31:02Z
dc.date.issued2022-11-28
dc.identifier.nim150210402100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115133
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 April 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractIklan merupakan komponen penting dalam proses pemasaran. Iklan digunakan perusahaan untuk mempermudah proses pengenalan produk kepada masyarakat secara luas dan masif. Berbagai macam teknik dan strategi digunakan pengiklan dengan memperhatikan aspek-aspek lainnya seperti moral, pandangan hidup, dan norma-norma yang berlaku di lingkungan tempat berkomunikasi. Teknik dan strategi yang digunakan salah satunya dimuat dan ditayangkan melalui penggunaan media. Retorika dalam iklan yang ditanyangkan di kanal youtobe merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain termasuk fenomena retoris dalam periklanan. Salah satu iklan yang memuat retorika persuasi dan menarik untuk diteliti yakni iklan produk “AQUA”. Teknik persuasi pada iklan AQUA ini menarik diteliti, disebabkan karena iklan AQUA merupakan salah satu bentuk komunikasi yang mencakup persuasi dan alasan psikologis untuk mempengaruhi pendapat, sikap, sifat, dan perilaku calon konsumen yang diharapkan bertingkah untuk membeli produk AQUA. Teknik persuasi pada iklan AQUA dapat dimanfaat sebagai alternatif materi pembelajaran menulis paragraf persuasi tentang teks persuasi di SMP-sederajat kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017 pada KD 4.14 menyajikan teks persuasi secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka penelitian ini mengambil teknik persuasi pada iklan AQUA sebagai data penelitian untuk dianalisis. Oleh karena itu, pada penelitian ini memuat rumusan masalah sebagai berikut, (1) bagaimanakah ethos, pathos, dan logos dalam iklan “AQUA”, (2) bagaimanakah struktur persuasi dalam iklan “AQUA”, dan (3) bagaimanakah pemanfaatan teknik persuasi pada iklan “AQUA” sebagai alternatif materi pembelajaran menulis paragraf persuasi. Rancangan dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa bahasa lisan dan tulis, gambar, dan gesture model iklan yang terdapat pada video iklan “AQUA”. Sumber data penelitian ini yakni video iklan yang di dapat dari kanal Youtobe “SehatAQUA”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik mencatat. Analisis data setelah pengumpulan data, dilakukan analisis dengan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan adanya intrumen yang menggunakan tabel analisis data dengan prosedur penelitian yang mencakup tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil analisis penelitian ini memuat Ethos, Pathos, dan Logos yang terdapat pada iklan AQUA yakni sebagai berikut. Ethos dalan iklan AQUA yakni kreadibilitas yang merujuk pada gesture, model, intonasi, dan nada penyampaian komunikator. Pathos dalam iklan AQUA berupa upaya dalam mengendalikan emosional dan perasaan pendengar. Logos dalam iklan AQUA memuat penggunaan bahasa, sistematika atau urutan cerita dalam beriklan, dan gaya komunikasi. Dengan adanya pemenuhan komponen-komponen tersebut, struktur persuasi dalam iklan “AQUA” mencakup pengendalian isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali. Oleh karena itu, temuan dalam Iklan AQUA dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran terkait bagaimana cara menulis paragraf persuasi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa teknik persuasi pada iklan “AQUA” yang sudah memenuhi tiga komponen teknik persuasi dari teori retorika dan memenuhi struktur persuasi maka dapat dimanfaatkan sebagai alternatif penyampaian materi terkait cara menulis paragraf persuasi. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan persuasi dalam perspektif retorika dan mampu memberikan saran sebagai alternatif penyampaian materi menulis paragraf persuasi.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Dr. Arju Muti’ah, M.Pd Pembimbing Anggota : Anita Widjajanti, S.S., M. Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTEKNIK PERSUASIen_US
dc.subjectIKLAN “AQUA”en_US
dc.subjectMENULIS PARAGRAF PERSUASIen_US
dc.titleTeknik Persuasi pada Iklan "AQUA" dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Muti'ah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorKacung-4 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record