• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Panjang Antrian pada Simpang Bersinyal Berdasarkan Pengamatan Lapangan dan Mkji 1997 (Studi Kasus: Simpang Mangli, Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Skripsi Abit Dwi Setiawan-191910301052.pdf (3.655Mb)
    Date
    2023-01-09
    Author
    SETIAWAN, Abit Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Simpang Mangli merupakan salah satu persimpangan bersinyal di Kabupaten Jember dengan permasalahan utama lalu lintas berupa kemacetan. Diketahui kinerja simpang melalui penelitian di tahun 2019 berdasarkan pedoman MKJI 1997, pelayanan simpang Mangli berada pada LoS F dengan tundaan simpang rata-rata 91,05 det/smp. Namun, kondisi sebenarnya (eksisting) di lapangan tidak selalu selaras dengan hasil perhitungan analisis. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan evaluasi kinerja simpang bersinyal guna mengetahui perbedaan antara hasil teori MKJI 1997 dan hasil pengamatan lapangan dengan parameter panjang antrian kendaraan. Selanjutnya meninjau dari hasil analisis kinerja simpang bersinyal Mangli yang buruk, perlu dilakukan manajemen rekayasa transportasi untuk mengurai dan menurukan angka kepadatan lalu lintas yang terjadi di kawasan studi. Evaluasi kinerja dilakukan dengan uji perbedaan menggunakan Uji F (Anova) dan Uji-T SPSS (Sample T-Test). Data uji perbedaan disajikan dalam grafik dengan X adalah volume kendaraan, dan Y adalah panjang antrian di masing-masing pendekat simpang. Dari hasil uji perbedaan tersebut, secara signifikansi diatas 95% diketahui (QL) teori > (QL) lapangan. Selanjutnya hasil upaya manajemen rekayasa transportasi dengan pengendalian dan mengalihkan heavy vehilce (HV) yang melintas di simpang Mangli serta menerapkan skenario jalan layang atau fly over di kawasan studi berpeluang efektif meningkatkan pelayanan simpang menjadi LoS B – LoS C di jam-jam puncak tertentu.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115022
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository