Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berbasis Jumping Task Kelas Vii
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal himpunan berbasis jumping task kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP. Sampel penelitian kualitatif sebanyak 34 siswa yang ditentukan secara purposive sampling berdasarkan keunikan jawaban pada setiap tingkatan. Bahan himpunan yang digunakan meliputi sifat himpunan, operasi himpunan, dan diagram Venn. Dari penelitian ini diperoleh 47% siswa TKBK kategori 0 (tidak kreatif), 29% siswa TKBK kategori 1 (kurang kreatif), 6% siswa TKBK kategori 2 (cukup kreatif), dan 18% siswa TKBK kategori 3 (kreatif). Tidak ada siswa yang mampu mencapai TKBK kategori 4 (sangat kreatif) dalam menyelesaikan soal himpunan berbasis jumping task.