Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY Bernilai Budaya Suku USING Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan NUMERASI
Abstract
Kemampuan numerasi diartikan sebagai kemampuan berpikir menggunakan
konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah seharihari. Literasi matematika atau numerasi di era saat ini sangat penting dimiliki oleh
siswa, hal ini dikarenakan dengan adanya kemampuan numerasi yang baik siswa
dapat memperkirakan, menginterpretasi data serta menyelesaikan masalah seharihari. Berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata
kemampuan numerasi siswa di SMA Negeri 1 Tegaldlimo tergolong perlu
intervensi khusus. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka perlu adanya
perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dan
meningkatkan kemampuan numerasi pada pembelajaran matematika. Perangkat
pembelajaran matematika yang dikembangkan meliputi modul ajar, Lembar Kerja
Siswa (LKS), dan soal tes kemampuan numerasi yang bernilai budaya suku Using
berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC).
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning
Community bernilai budaya suku Using; 2) mendeskripsikan hasil dari
pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for
Learning Community bernilai budaya suku Using; 3) mengkaji pengaruh
implementasi perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for
Learning Community Bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods yang
menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian pengembangan (research
and development) dan penelitian eksperimen. Proses pengembangan menggunakan
model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. Hasil dari uji coba di kelas X 11
menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Perangkat
pembelajaran yang telah valid, praktis, dan efektif, diuji untuk mengetahui
pengaruhnya di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data soal
tes kemampuan numerasi di kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara perangkat pembelajaran matematika
berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using
terhadap kemampuan numerasi siswa dengan Sig=0,035 (Sig. < 0,05). Tidak hanya
itu, diperoleh data pre-test kelas eksperimen (𝑋0) dan post-test kelas kontrol (𝑋1)
didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 32,1, sedangkan
berdasarkan hasil analisis data pre-test kelas kontrol (𝑌0) dan post-test kelas kontrol
(𝑌1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 27,3. Hal ini
menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan numerasi siswa di kelas eksperimen
lebih meningkat dibandingkan dengan kemampuan numerasi siswa di kelas kontrol.