• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY Bernilai Budaya Suku USING Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan NUMERASI

    Thumbnail
    View/Open
    Repository_Tesis_Meilysa.pdf (4.890Mb)
    Repository_Tesis_Meilysa.pdf (4.890Mb)
    Date
    2022-12-29
    Author
    Putri, Meilysa Ajeng Kartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan numerasi diartikan sebagai kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah seharihari. Literasi matematika atau numerasi di era saat ini sangat penting dimiliki oleh siswa, hal ini dikarenakan dengan adanya kemampuan numerasi yang baik siswa dapat memperkirakan, menginterpretasi data serta menyelesaikan masalah seharihari. Berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata kemampuan numerasi siswa di SMA Negeri 1 Tegaldlimo tergolong perlu intervensi khusus. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka perlu adanya perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan numerasi pada pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan meliputi modul ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes kemampuan numerasi yang bernilai budaya suku Using berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using; 2) mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using; 3) mengkaji pengaruh implementasi perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community Bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods yang menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian pengembangan (research and development) dan penelitian eksperimen. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. Hasil dari uji coba di kelas X 11 menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang telah valid, praktis, dan efektif, diuji untuk mengetahui pengaruhnya di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data soal tes kemampuan numerasi di kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi siswa dengan Sig=0,035 (Sig. < 0,05). Tidak hanya itu, diperoleh data pre-test kelas eksperimen (𝑋0) dan post-test kelas kontrol (𝑋1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 32,1, sedangkan berdasarkan hasil analisis data pre-test kelas kontrol (𝑌0) dan post-test kelas kontrol (𝑌1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 27,3. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan numerasi siswa di kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kemampuan numerasi siswa di kelas kontrol.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114858
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository