Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Meilysa Ajeng Kartika
dc.date.accessioned2023-04-11T02:49:57Z
dc.date.available2023-04-11T02:49:57Z
dc.date.issued2022-12-29
dc.date.submitted
dc.identifier.nim210220101006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114858
dc.description.abstractKemampuan numerasi diartikan sebagai kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah seharihari. Literasi matematika atau numerasi di era saat ini sangat penting dimiliki oleh siswa, hal ini dikarenakan dengan adanya kemampuan numerasi yang baik siswa dapat memperkirakan, menginterpretasi data serta menyelesaikan masalah seharihari. Berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata kemampuan numerasi siswa di SMA Negeri 1 Tegaldlimo tergolong perlu intervensi khusus. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka perlu adanya perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan numerasi pada pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan meliputi modul ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal tes kemampuan numerasi yang bernilai budaya suku Using berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using; 2) mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using; 3) mengkaji pengaruh implementasi perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community Bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods yang menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian pengembangan (research and development) dan penelitian eksperimen. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. Hasil dari uji coba di kelas X 11 menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang telah valid, praktis, dan efektif, diuji untuk mengetahui pengaruhnya di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil analisis data soal tes kemampuan numerasi di kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perangkat pembelajaran matematika berbasis Lesson Study for Learning Community bernilai budaya suku Using terhadap kemampuan numerasi siswa dengan Sig=0,035 (Sig. < 0,05). Tidak hanya itu, diperoleh data pre-test kelas eksperimen (𝑋0) dan post-test kelas kontrol (𝑋1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 32,1, sedangkan berdasarkan hasil analisis data pre-test kelas kontrol (𝑌0) dan post-test kelas kontrol (𝑌1) didapatkan rerata selisih nilai pre-test dan post-test sebesar 27,3. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan numerasi siswa di kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kemampuan numerasi siswa di kelas kontrol.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Didik Sugeng Pambudi, M.S. Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Meningkatkan Numerasien_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY Bernilai Budaya Suku USING Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan NUMERASIen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatortaufiken_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record