Pengaruh Penggunaan E-Book Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis ICT. E-book merupakan satu diantara media pembelajaran berbasis ICT yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Pada penelitian ini, penggunaan e-book diterapkan pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-book Materi Kalsifikasi Makhluk Hidup terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 4 Banyuwangi, yang terdiri dari kelas VII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes hasil belajar dan lembar soal tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan uji parametrik independent sample t- test atau non parametrik mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Tampilan e-book yang menarik, dapat memuat materi, gambar dan video pembelajaran dalam satu media membuat siswa mudah mengakses materi pembelajaran, menarik perhatian siswa dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran.