• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan E-Book Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    170210104071_repository.pdf (3.814Mb)
    Date
    2023-01-18
    Author
    PARAWANSA, Devi Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis ICT. E-book merupakan satu diantara media pembelajaran berbasis ICT yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Pada penelitian ini, penggunaan e-book diterapkan pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-book Materi Kalsifikasi Makhluk Hidup terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 4 Banyuwangi, yang terdiri dari kelas VII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes hasil belajar dan lembar soal tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan uji parametrik independent sample t- test atau non parametrik mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Tampilan e-book yang menarik, dapat memuat materi, gambar dan video pembelajaran dalam satu media membuat siswa mudah mengakses materi pembelajaran, menarik perhatian siswa dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114781
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository