Show simple item record

dc.contributor.authorPARAWANSA, Devi Indah
dc.date.accessioned2023-04-10T07:04:36Z
dc.date.available2023-04-10T07:04:36Z
dc.date.issued2023-01-18
dc.identifier.nim170210104071en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114781
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis ICT. E-book merupakan satu diantara media pembelajaran berbasis ICT yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Pada penelitian ini, penggunaan e-book diterapkan pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-book Materi Kalsifikasi Makhluk Hidup terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 4 Banyuwangi, yang terdiri dari kelas VII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes hasil belajar dan lembar soal tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dengan uji parametrik independent sample t- test atau non parametrik mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Tampilan e-book yang menarik, dapat memuat materi, gambar dan video pembelajaran dalam satu media membuat siswa mudah mengakses materi pembelajaran, menarik perhatian siswa dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectIPA SMPen_US
dc.subjectE-BOOKen_US
dc.subjectKLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan E-Book Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Indrawati, M. Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S. Pd., M. Pden_US
dc.identifier.validatortaufiken_US
dc.identifier.finalizationtaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record