Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman pada Siswa Kelas IV di SDN 4 Grajagan Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN 4 Grajaga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola Non-Equivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IVA dan IVB SDN 4 Grajagan yang berjumlah 20 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan melakukan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji-t dan uji keefektifan relatif. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh hasil bahwa thitung ≥ ttabel dengan df 20 yaitu 4,102 ≥ 2,086 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 4 Grajagan.