Show simple item record

dc.contributor.authorRAMADANI, Fajar Dewi
dc.date.accessioned2023-04-10T01:15:36Z
dc.date.available2023-04-10T01:15:36Z
dc.date.issued2022-11-25
dc.identifier.nim180210204065en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114600
dc.description.abstractPenelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN 4 Grajaga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola Non-Equivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IVA dan IVB SDN 4 Grajagan yang berjumlah 20 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan melakukan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji-t dan uji keefektifan relatif. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh hasil bahwa thitung ≥ ttabel dengan df 20 yaitu 4,102 ≥ 2,086 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 4 Grajagan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKALen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman pada Siswa Kelas IV di SDN 4 Grajagan Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 10 April 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record