Pengaruh Store Atmosphere, Sales Promotion, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Konsumen Rindang Khatulistiwa
Abstract
Perkembangan bisnis yang semakin pesat salah satunya yaitu di bidang bisnis
ritel. Salah satu bisnis ritel yang berkembang pesat yaitu ritel peralatan rumah
tangga. Perkembangan bisnis ritel peralatan rumah tangga ini didukung dengan
gaya hidup konsumtif masyarakat sehingga membuat pelaku bisnis ritel menyusun
strategi dengan menganalisis perilaku konsumen untuk mendukung keputusan
pembelian yang salah satunya impulse buying. Hal ini dilakukan oleh salah satu
ritel peralatan rumah tangga di Jember yaitu Rindang Khatulistiwa. Pada tahun
2021 Rindang Khatulistiwa mengalami fluktuasi rata – rata pembelian yang
membuat tidak tercapainya omzet penjualan. Ada beberapa faktor yang menjadi
pengaruh dari impulse buying antara lain yaitu store atmosphere, sales promotion,
dan hedonic shopping motivation. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
menganalisis pengaruh store atmosphere, sales promotion, dan hedonic shopping
motivation terhadap impulse buying pada konsumen Rindang Khatulistiwa.
Penelitian ini menggunakan metode explanatory research. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh konsumen di Rindang Khatulistiwa. Peneliti
menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling.
Sampel pada penelitian ini sebanyak 138 responden yang sesuai kriteria. Data
penelitian ini berasal dari data primer yang dikumpulkan dengan penyebaran
kuesioner daring melalui google form dan luring langsung di Rindang Khatulistiwa
dengan periode waktu pengisian dari 7 November 2022 – 21 November 2022.
Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh tidak
signifikan terhadap impulse buying, sales promotion berpengaruh signifikan
terhadap impulse buying, hedonic shopping motivation berpengaruh signifikan
terhadap impulse buying.