Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantuan Software Adobe Illustrator dan After Effect untuk Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Plus Al-Qodiri
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju
membuat berbagai hal positif khususnya dalam dunia pendidikan, salah satunya
adalah teknologi komputer dan jaringan internet. Didukung kemajuan tersebut,
dunia pendidikan diberikan ruang agar mampu menunjang pembelajaran yang
efektif. Perkembangan teknologi juga memberikan efek belajar siswa menjadi
lebih menarik dan interaktif dengan adanya media pembelajaran yang ditunjang
dari kemajuan perangkat keras maupun perangkat lunak. Selaras dengan pesatnya
perkembangan ilmu dan teknologi komputer, maka penggunaan media
pembelajaran yang berupa video audio visual adalah salah satu alternatif yang
membantu meningkatkan pemahaman siswa dan juga menarik minat siswa untuk
belajar. Oleh karena itu, dilakukanlah pengembangan media pembelajaran audio
visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect untuk materi sistem
peredaran darah manusia.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada
penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan dan kevalidan,
keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio
visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect untuk materi sistem
peredaran darah manusia guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Plus
AL-Qodiri ? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan,
serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual
berbantuan software adobe illustrator dan after effect untuk materi sistem
peredaran darah manusia guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Plus
AL-Qodiri.Model penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall yang memiliki 10 langkah
dalam prosesnya, namun yang digunakan hanya 9 langkah yaitu: (1) Penelitian
pendahuluan, (2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan desain
produk awal, (4) Validasi desain produk, (5) Revisi desain produk, (6) Uji coba
penggunaan, (7) Revisi desain produk. (8) Uji coba keefektifan, (9) Produk final
dan produk massal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Instrumen data yang digunakan yaitu
lembar validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket uji coba,
dan lembar tes hasil belajar.
Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual yang
sudah tervalidasi oleh dua validator yaitu 1 dosen PGSD FKIP Universitas Jember
dan 1 guru kelas V SD Plus Al-Qodiri. Hasil analisis data validasi diperoleh nilai
82,7 kategori sangat layak digunakan. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa
melalui ER yakni 50,55% dan persentase respon siswa yakni 85,8 %. Berdasarkan
data tersebut, maka media pembelajaran audio visual pada penelitian ini
dikategorikan sangat efektif.
Saran dari hasil penelitian ini bagi siswa, yaitu mengingat hasil dari
penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan software adobe
illustrator dan after effect dapat menciptakan pembelajaran yang cukup efektif,
maka harapannya media ini dapat digunakan oleh siswa secara lebih luas tidak
hanya pada siswa di sekolah tempat penelitian saja. Bagi guru, diharapkan media
pembelajaran audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect
ini bisa menjadi contoh dan memberikan inovasi sehingga dapat lebih kreatif
dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan memberikan
pemahanan terhadap siswa. Bagi peneliti lain, perlunya dilakukan pengembangan
lebih lanjut terhadap media pembelajaran menggunakan audio visual berbantuan
software adobe illustrator dan after effect ini dengan materi yang berbeda untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran di SD.