Show simple item record

dc.contributor.authorFATONI, Syaiful
dc.date.accessioned2023-04-06T04:33:22Z
dc.date.available2023-04-06T04:33:22Z
dc.date.issued2023-01-10
dc.identifier.nim180210204212en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114529
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju membuat berbagai hal positif khususnya dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah teknologi komputer dan jaringan internet. Didukung kemajuan tersebut, dunia pendidikan diberikan ruang agar mampu menunjang pembelajaran yang efektif. Perkembangan teknologi juga memberikan efek belajar siswa menjadi lebih menarik dan interaktif dengan adanya media pembelajaran yang ditunjang dari kemajuan perangkat keras maupun perangkat lunak. Selaras dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi komputer, maka penggunaan media pembelajaran yang berupa video audio visual adalah salah satu alternatif yang membantu meningkatkan pemahaman siswa dan juga menarik minat siswa untuk belajar. Oleh karena itu, dilakukanlah pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect untuk materi sistem peredaran darah manusia. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect untuk materi sistem peredaran darah manusia guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Plus AL-Qodiri ? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kevalidan, keefektifitasan, serta kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect untuk materi sistem peredaran darah manusia guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Plus AL-Qodiri.Model penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall yang memiliki 10 langkah dalam prosesnya, namun yang digunakan hanya 9 langkah yaitu: (1) Penelitian pendahuluan, (2) Perencanaan pengembangan produk, (3) Pengembangan desain produk awal, (4) Validasi desain produk, (5) Revisi desain produk, (6) Uji coba penggunaan, (7) Revisi desain produk. (8) Uji coba keefektifan, (9) Produk final dan produk massal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar angket uji coba, dan lembar tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual yang sudah tervalidasi oleh dua validator yaitu 1 dosen PGSD FKIP Universitas Jember dan 1 guru kelas V SD Plus Al-Qodiri. Hasil analisis data validasi diperoleh nilai 82,7 kategori sangat layak digunakan. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa melalui ER yakni 50,55% dan persentase respon siswa yakni 85,8 %. Berdasarkan data tersebut, maka media pembelajaran audio visual pada penelitian ini dikategorikan sangat efektif. Saran dari hasil penelitian ini bagi siswa, yaitu mengingat hasil dari penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect dapat menciptakan pembelajaran yang cukup efektif, maka harapannya media ini dapat digunakan oleh siswa secara lebih luas tidak hanya pada siswa di sekolah tempat penelitian saja. Bagi guru, diharapkan media pembelajaran audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect ini bisa menjadi contoh dan memberikan inovasi sehingga dapat lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan memberikan pemahanan terhadap siswa. Bagi peneliti lain, perlunya dilakukan pengembangan lebih lanjut terhadap media pembelajaran menggunakan audio visual berbantuan software adobe illustrator dan after effect ini dengan materi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUALen_US
dc.subjectSOFTWARE ADOBE ILLUSTRATORen_US
dc.subjectAFTER EFFECTen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantuan Software Adobe Illustrator dan After Effect untuk Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Plus Al-Qodirien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record