Evaluasi Kualitas Layanan E-Government menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan Gresik)
Abstract
Pemerintah Kabupaten Gresik pada tahun 2020 telah membuat sebuah
inovasi baru dalam pengembangan E-Government, salah satunya yaitu melalui
peluncuran Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan Gresik
(Poedak) yang merupakan layanan dengan basis website yang beralamatkan
https://poedak.gresikkab.go.id. Layanan Poedak merupakan inovasi milik
Pemerintah Kabupaten Gresik dibawah naungan Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Poedak merupakan merupakan website
yang memudahkan masyarakat Kabupaten Gresik dalam mengurus berkas
kependudukan.
Penelitian ini menggunakan metode E-GovQual dengan tujuan untuk
mengukur sejauh mana kualitas layanan Poedak berdasarkan dengan apa
dirasakan oleh pengguna, dan metode IPA untuk memetakan atribut sesuai
dengan prioritas perbaikan. Hasil evaluasi yang dilakukan tersebut akan
diketahui bagaimana kualitas layanan yang telah diberikan berdasarkan
persepsi pengguna dan atribut mana yang mendapatkan prioritas perbaikan
yang tinggi dan rekomendasi perbaikan yang nantinya akan diberikan. Hasil
dari penelitian ini berupa evaluasi dan rekomendasi perbaikan dapat dijadikan
landasan oleh penyedia layanan Poedak dalam pengembangannya.
Dalam penelitian ini pengambilan data menggunakan instrumen berupa
kuisioner yang disebarkan kepada masyarakat Kabupaten Gresik yang pernah
mengajukan permohonan melalui layanan Poedak. Berdasarkan hasil diskusi
dengan pihak penyedia layanan, penelitian ini menggunakan 31 atribut pada
metode E-GovQual. Menggunakan teknik probability sampling yang diambil
viii
secara acak (random sampling), ditemukan sampel yang digunakan berjumlah
394 responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pada penilaian
tingkat kinerja pada seluruh variabel E-GovQual diatas skor likert 3 (baik) yaitu
sebesar 3,13. Artinya, layanan Poedak sudah memiliki tingkat kinerja yang baik
berdasarkan persepsi pengguna. Kemudian rata-rata skor pada penilaian tingkat
kepentingan pada seluruh variabel E-GovQual sebesar 3,08. Sehingga dapat
diketahui nilai kesenjangan (gap) antara kinerja dan kepentingan sebesar 0,05.
Apabila nilai kesenjangan (gap) yang dihasilkan pada analisis kesenjangan bernilai
positif (+) atau >0, maka dapat dikatakan bahwa layanan tersebut telah memenuhi
harapan atau kepentingan pengguna. Namun, apabila nilai kesenjangan (gap) yang
dihasilkan pada analisis kesenjangan bernilai negatif (-) atau <0, maka dapat
dikatakan bahwa layanan tersebut belum memenuhi harapan atau kepentingan
pengguna. Hasil analisis kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan
memiliki nilai kesesuaian >100% yaitu 102%. Apabila nilai kesesuaian yang
dihasilkan lebih >100%, maka dapat dikatakan bahwa layanan telah sesuai dengan
harapan atau kepentingan pengguna. Dengan demikian, keseluruhan kinerja dari
layanan Poedak sudah baik dan memenuhi harapan atau kepentingan pengguna.
Terdapat 4 atribut yang masuk pada kuadran 1 yaitu kuadran dengan skala prioritas
utama yaitu format respon yang memadai (FIAA2), memberikan layanan secara
tepat waktu (RA2), waktu kecepatan loading pada situs website (RA5), dan
kemudahan dalam memahami isi informasi (CAIA6).