Hubungan Efikasi Diri dengan Mekanisme Koping Siswa dalam Menghadapi Tugas Di SMA Negeri 1 Jember
Date
2022-06-28Author
CAHYANI, Regitasari Dwi
DEWI, Erti Ikhtiarini
K, Enggal Hadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Masa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan dewasa dimulai pada
usia 12-13 tahun dan berakhir pada usia akhir belasan tahun. Remaja berada pada bangku Sekolah
Menengah Atas (SMA), sehingga mengalami masa yang penuh stres karena berbagai kegiatan atau
tugas secara bersamaan, mulai dari tugas-tugas sekolah, beban belajar yang cukup berat. SMA
saat ini mengikuti kurikulum 2013 dengan menerapkan Satuan Kredit Semester (SKS). Siswa juga
dituntut mencari tahu terlebih dahulu dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Remaja tengah
membutuhkan keyakinan dalam dirinya untuk menyelesaikan tuntutan sekolah tersebut. Penelitian ini
akan mengidentifikasi hubungan efikasi diri dengan mekanisme koping siswa dalam menghadapi tugas.
Desain penelitian yang digunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik
pengambilan data yang digunakan yaitu stratified random sampling berjumlah 243 responden.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner efikasi diri dan Childern’s Coping Questionary.
Analisis data menggunakan Pearson correlation menunjukkan p= 0,00; r= 0,332, artinya ada hubungan
efikasi diri dengan mekanisme koping siswa dalam menghadapi tugas di SMA Negeri 1 Jember.
Disarankan pihak sekolah dan orang tua selalu memberikan motivasi kepada siswa agar efikasi diri yang
dimiliki siswa meningkat dan menghasilkan mekanisme koping yang adaptif.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7359]