Analisis Kesulitan yang Dialami Guru Kelas Rendah dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Daring di Sekolah Dasar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Abstract
Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring, kesulitan dan faktor yang melatar belakangi kesulitan guru kelas rendah dalam menerapkan pembelajaran tematik daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas rendah Sekolah Dasar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dengan jumlah 12 guru. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru banyak mengalami kesulitan diantaranya guru kesulitan untuk mengkomunikasikan tugas atau materi kepada peserta didik karena terkendala oleh handphone dan guru juga kesulitanan untuk mengetahui potensi peserta didiknya. Faktor yang melatar belakangi kesulitan guru diantaranya (1) pemahaman teknologi; (2) lingkungan; (3) fasilitas; (4) peran penting orang tua.