• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Gobak Sodor serta Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberwaru Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI IKA NUR FITRIANI_180210204218.pdf (3.122Mb)
    Date
    2022-12-02
    Author
    FITRIANI, Ika Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi karakter anak dan membuat permainan tradisional mulai tergeser dengan permainan modern. Hal ini perlu adanya variasi pendidikan karakter dan upaya melestarikan budaya terutama permainan tradisional. Guru dapat mengimplementasikan permainan tradisional sebagai media pembelajaran. Salah satu dengan menggunakan permainan gobak sodor yang memiliki banyak nilai karakter. Permainan ini dapat mengubah pembelajaran menjadi tidak berpusat pada guru dan mampu meninggalkan kesan belajar yang bermakna. Menggunakan permainan gobak sodor dapat meningkatkan perkembangan sosial, motorik, kepribadian, dan keterampilan secara bersamaan, serta menemukan inovasi baru dalam pembelajaran. Permainan tradisional gobak sodor sebagai salah satu media pembelajaran dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa, serta langkah-langkah kongrit pengamplikasinya dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian budaya bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter dan mendeskripsikan pemanfaatan permainan tradisional gobak sodor sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dari penelitian ini adalah nilai-nilai karakter permainan tradisional gobak sodro. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi terhadap peserta didik yang melakukan permainan gobak sodor. Teknik analisis data terdiri 3 tahap yaitu; tahap mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 11 nilai karakter dalam permainan gobak sodor yakni religius, rasa ingin tahu, disiplin, peduli sosial, demokratis, kreatif, tanggung jawab, jujur, kerja keras, bersahabat/komunikatif, dan menghargai prestasi. Permainan ini dapat digunakan untuk memperkuat karakter peserta didik dan media pembelajaran yang menarik. Gobak sodor juga memberikan manfaat seperti memberi edukasi, merangsang kecerdasan dan kekompakan peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114217
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository