dc.contributor.author | FITRIANI, Ika Nur | |
dc.date.accessioned | 2023-04-04T02:39:18Z | |
dc.date.available | 2023-04-04T02:39:18Z | |
dc.date.issued | 2022-12-02 | |
dc.identifier.nim | 180210204218 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114217 | |
dc.description.abstract | Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi karakter anak dan membuat permainan tradisional mulai tergeser dengan permainan modern. Hal ini perlu adanya variasi pendidikan karakter dan upaya melestarikan budaya terutama permainan tradisional. Guru dapat mengimplementasikan permainan tradisional sebagai media pembelajaran. Salah satu dengan menggunakan permainan gobak sodor yang memiliki banyak nilai karakter. Permainan ini dapat mengubah pembelajaran menjadi tidak berpusat pada guru dan mampu meninggalkan kesan belajar yang bermakna. Menggunakan permainan gobak sodor dapat meningkatkan perkembangan sosial, motorik, kepribadian, dan keterampilan secara bersamaan, serta menemukan inovasi baru dalam pembelajaran. Permainan tradisional gobak sodor sebagai salah satu media pembelajaran dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa, serta langkah-langkah kongrit pengamplikasinya dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian budaya bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter dan mendeskripsikan pemanfaatan permainan tradisional gobak sodor sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dari penelitian ini adalah nilai-nilai karakter permainan tradisional gobak sodro. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi terhadap peserta didik yang melakukan permainan gobak sodor. Teknik analisis data terdiri 3 tahap yaitu; tahap mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 11 nilai karakter dalam permainan gobak sodor yakni religius, rasa ingin tahu, disiplin, peduli sosial, demokratis, kreatif, tanggung jawab, jujur, kerja keras, bersahabat/komunikatif, dan menghargai prestasi. Permainan ini dapat digunakan untuk memperkuat karakter peserta didik dan media pembelajaran yang menarik. Gobak sodor juga memberikan manfaat seperti memberi edukasi, merangsang kecerdasan dan kekompakan peserta didik. | en_US |
dc.description.sponsorship | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd
Zetti Finali, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | KARAKTER | en_US |
dc.subject | GOBAK SODOR | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN | en_US |
dc.title | Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Gobak Sodor serta Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberwaru Situbondo | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zetti Finali, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |