Keterbacaan Teks dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas IV berdasarkan Formula Grafik Fry
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterbacaan teks dalam buku teks bahasa Indonesia untuk sekolah
dasar kelas IV berdasarkan formula Grafik Fry. Buku teks digunakan sebagai perangkat pembelajaran guna mencapai tujuan
pembelajaran. Data yang digunakan dalan kajian ini adalah setiap teks bacaan yang ada di setiap bab dalam buku ini. Teknik
analisis data pada kajian ini adalah teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam kajian ini adalah buku teks bahasa
Indonesia “Lihat Sekitar” untuk sekolah dasar kelas IV. Hasil analisis data menyatakan bahwa keterbacaan teks pada buku teks ini
lebih banyak yang tidak sesuai dengan jenjang kelas yang dituju. Berdasarkan 10 teks nonfiksi yang ada, hanya ada 1 yang sesuai
sedangkan 9 lainnya tidak sesuai. Adapun teks fiksi yang berjumlah 11 teks, ada 5 teks yang sesuai sedangkan 6 lainnya tidak
sesuai dengan tingkat kelas yang dituju. Oleh sebab itu pemilihan perangkat pembelajaran perlu dilakukan dengan selektif dan
penting untuk ditindaklanjuti dengan memperbaiki teks yang ada.