Show simple item record

dc.contributor.authorERNAWATI, Dewi
dc.date.accessioned2023-03-31T01:55:48Z
dc.date.available2023-03-31T01:55:48Z
dc.date.issued2022-11-29
dc.identifier.nim150210402052en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114153
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterbacaan teks dalam buku teks bahasa Indonesia untuk sekolah dasar kelas IV berdasarkan formula Grafik Fry. Buku teks digunakan sebagai perangkat pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Data yang digunakan dalan kajian ini adalah setiap teks bacaan yang ada di setiap bab dalam buku ini. Teknik analisis data pada kajian ini adalah teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam kajian ini adalah buku teks bahasa Indonesia “Lihat Sekitar” untuk sekolah dasar kelas IV. Hasil analisis data menyatakan bahwa keterbacaan teks pada buku teks ini lebih banyak yang tidak sesuai dengan jenjang kelas yang dituju. Berdasarkan 10 teks nonfiksi yang ada, hanya ada 1 yang sesuai sedangkan 9 lainnya tidak sesuai. Adapun teks fiksi yang berjumlah 11 teks, ada 5 teks yang sesuai sedangkan 6 lainnya tidak sesuai dengan tingkat kelas yang dituju. Oleh sebab itu pemilihan perangkat pembelajaran perlu dilakukan dengan selektif dan penting untuk ditindaklanjuti dengan memperbaiki teks yang ada.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Arju Mutiah, M.Pd. Dr. Parto, M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKETERBACAAN TEKSYen_US
dc.subjectBUKU TEKSen_US
dc.subjectFORMULA GRAFIK FRen_US
dc.titleKeterbacaan Teks dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas IV berdasarkan Formula Grafik Fryen_US
dc.title.alternativeKeterbacaan Teks, Buku Teks, Formula Grafik Fryen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Mutiah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Parto, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record