• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Antarmuka Media Pembelajaran Motorik Halus Berbasis Mobile bagi Penyandang Cerebral Palsy menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : SDLB ABCD YPAC Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Anash Herdiansyah - 162410101013_.pdf (6.238Mb)
    Date
    2021-07-30
    Author
    HERDIANSYAH, Anash
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jumlah anak penyandang desabilitas di Indonesia yaitu sekitar 7 – 10% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Penyandang desabilitas membutuhkan pembelajaran khusus untuk dapat menerima pelajaran dengan baik, salah satunya penyandang desabilitas cerebral palsy (CP) dimana anak dengan gangguan ini sulit dalam system gerak akibat terjadi gangguan pada otaknya yang mengganggu system motoriknya. Dengan gangguan pada system gerak tersebut, anak penyandang CP ini susah dalam menjalani pembelajaran terutama belajar menulis yang memerlukan gerak tangan untuk dapat menulis dengan baik. Penyandanng CP membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu dalam melatih sistem motorik halusnya untuk dapat menulis dengan baik. Media pembelajaran pada saat ini sudah banyak menggunkan teknologi canggih seperti menggunakan perangkat mobile yang sekarang sudah mendukung banyak sekali media pembelajaran serta tools yang memadahi untuk dapat menulis pada perangkat tersebut menggunakan pena khusus mobile (stylus pen). Antarmuka pengguna merupakan suatu tampilan grafis yang menghubungkan suatu sistem operasi dengan penggunanya dalam suatu perangkat yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan suatu sistem operasi. Antarmuka pengguna ini sangat penting bagi pengguna untuk dapat menjalankan media pembelajaran yang akan digunakan pada perangkat mobile, penerapan antarmuka pengguna yang kurang baik dapat menimbulkan kesulitan pengguna dalam menjalankan suatu sistem operasi, maka dari itu penerapan antarmuka harus sesuai dengan kebutuhan dari pengguna tersebut. Design thinking merupakan salah satu metode pengembangan antarmuka pengguna yang mengedepankan ide kreatif dengan melibatkan pengguna dan menggunakan prespektif pengguna sebagai pertimbangan utama dalam proses pemecahan masalah serta membebaskan peneliti untuk dapat memunculkan ide solusi sebanyak – banyaknya untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapi pengguna. Atas dasar inilah peneliti akan mengembangkan suatu perancangan antarmuka aplikasi media pembelajaran sistem motorik halus dengan menggunakan metode design thinking dengan tujuan untuk memperoleh antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan berfokus untuk melatih motorik halus yaitu dengan menerapkan pembelajaran menulis menggunakan bantuan pena khusus mobile (Stylus Pen).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114070
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1051]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository