Evaluasi Penyelarasan Strategi TI dan Bisnis dengan Menggunakan Strategic Alignment Maturity Model (SAMM)
Abstract
UNEJ Medical Center atau yang lebih dikenal dengan UMC merupakan klinik kesehatan yang dimiliki oleh Universitas Jember, dimana tujuan dari UMC ini adalah menjadi perusahaan pelayanan kesehatan yang terkemuka. UMC telah melakukan pemanfaatan/penerapan TI. TI yang digunakan di UMC telah diterapkan sejak 2016, yang memiliki fungsi untuk mendukung aktivitas yang ada di klinik agar lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan yang berkualitas serta mendukung tujuan bisnis dalam organisasi agar dapat tercapai. Saat ini penerapan TI yang dilakukan belum sepenuhnya mendukung aktivitas bisnis, seperti hasil rekam medis belum sepenuhnya bisa disimpan sehingga harus menggunakan pembukuan secara tertulis, belum bisa melakukan penyimpanan stok gudang dan apotek otomatis pada sistem serta tarif obat belum terekap otomatis, juga belum adanya integrasi dengan BPJS kesehatan. Permasalahan lain yang terjadi adalah belum pernah dilakukannya penilaian terhadap penyelarasan antara strategi bisnis dan TI sehingga belum diketahui tingkat keselaran antara bisnis dan TI di UMC apakah sudah berada pada level yang baik atau belum. Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap keselarasan strategi bisnis dan TI dengan menilai kematangan menggunakan strategic alignment maturity model. Untuk menghasilkan nilai kematangan penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada unit bisnis dan unit TI yang telah ditentukan sebelumnya. Terdapat enam kriteria dalam menentukan kematangan keselarasan berdasarkan SAMM. Nilai kematangan akan menunjukkan level kematangan pada UNEJ Medical Center, yang kemudian akan digunakan acuan dalam menentukan rekomendasi perbaikan berupa upaya atau aktivitas yang harus dilakukan UNEJ Medical Center.