Proses Berpikir Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambipuji dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele
Abstract
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dirasa sulit bagi
kebanyakan siswa. Geometri merupakan salah satu cabang dalam ilmu
matematika. Geometri mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipahami
siswa dibandingkan dengan cabang matematika yang lain, namun kenyataan di
lapangan menunjukkan bahwa materi geometri kurang dikuasai oleh sebagian
besar siswa. Setiap siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya
geometri memiliki cara yang beragam dan berbeda-beda. Keberagaman ini
dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk tingkat berpikir geometri siswa. Teori
yang dapat mengklasifikasikan tingkat berpikir geometri siswa diantaranya adalah
teori pembelajaran van Hiele. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan
analisis mengenai proses berpikir siswa kelas VIII SMPN 1 Rambipuji dalam
menyelesaikan soal segiempat berdasarkan teori van Hiele.