Muatan Nilai-Nilai Edukasi dalam Seni Reyog Ponorogo Sebagai Materi Ajar untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar
Abstract
Pandemi menghambat seluruh kegiatan di Indonesia, salah satunya proses
kegiatan belajar mengajar yang mengakibatkan siswa menjadi malas belajar.
Menurunnya sikap moral dalam dunia pendidikan di Indonesia karena kurangnya
memberikan pembelajaran sosiokultural kepada siswa, sehingga mengakibatkan
siswa hilang menemukan jati diri, siswa cenderung bermain gadget dan mengurung
diri di dalam kamarnya sampai berhari-hari. Misalnya kerap kali terdapat siswa
yang bicara kurang sopan terhadap kakak kelasnya, terhadap guru dan orang di
sekitarnya. Bahkan dalam pertemanan antar siswa sering kali ditemukan kasus
perundungan siswa oleh teman sekelasnya atau biasa disebut bullying. Dampak
buruk hal tersebut mengarah kepada rusaknya mental korban maupun pelaku
bullying. Hal-hal menyimpang seperti itu kerap terjadi terhadap siswa sekolah dasar
karena kurangnya edukasi, jika dibiarkan maka ini akan menjadi suatu kebiasaan
buruk ke depannya.
Berdasarkan latar belakang di atas, hal ini dapat dicegah dengan
menanamkan nilai-nilai edukasi yang termuat dalam seni Reyog Ponorogo. Guna
mengetahui nilai edukasi yang termuat dalam seni Reyog Ponorogo, maka perlu
dilakukan analisis terhadap muatan nilai-nilai edukasi dalam seni Reyog
Ponorogo. Rumusan masalah penelitian ini yakni bagaimanakah nilai-nilai edukasi
dalam seni Reyog Ponorogo sebagai materi ajar untuk siswa kelas IV Sekolah
Dasar?