• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    FAKULTAS.pdf (1.323Mb)
    Date
    2022-07-20
    Author
    HAFIZH, Dary Farhan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu mata pelajaran pokok yang harus diberikan dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah atas yaitu pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Dalam semua aspek skor peserta didik dapat disebut dengan hasil belajar, yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat peralihan peserta didik. Pada era saat ini banyak sekali masyarakat yang keterampilan dalam berkomunikasinya masih kurang, terlebih lagi pada lingkungan sekolah. Model pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi sebuah solusi bagi masalah yang sudah dibahas adalah model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry). Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa SMP, (2) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata surya terhadap keterampilan berkomunikasi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental (penelitian semu) tipe Nonequivalent Control Group design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Mei tepatnya tanggal 20 s/d 30 secara luring. Sampel penelitian ini yaitu kelas 7D sebagai kelas eksperimen dan kelas 7E sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) dan pada kelas kontrol menggunakan model yang biasa digunakan di sekolah. Tehnik pengumpuan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji mann whitney. Hasil analisis data ditemukan bahwa data pretest dan posttest tidak terdistribusi normal sehingga digunakan uji mann whitney. Berdasarkan uji mann whitney diperoleh data < 0,005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data hasil analisis observasi keterampilan komunikasi diperoleh skor dari observasi kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Berdasarkan uraian yang telah disebutkan diatas maka dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) Ada pengaruh signifikan dengan penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa SMP, (2) Ada pengaruh signifikan dengan penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata Surya terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113536
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository