Show simple item record

dc.contributor.authorHAFIZH, Dary Farhan
dc.date.accessioned2023-03-27T03:13:11Z
dc.date.available2023-03-27T03:13:11Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.nim170210104030en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113536
dc.description.abstractSalah satu mata pelajaran pokok yang harus diberikan dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah atas yaitu pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Dalam semua aspek skor peserta didik dapat disebut dengan hasil belajar, yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat peralihan peserta didik. Pada era saat ini banyak sekali masyarakat yang keterampilan dalam berkomunikasinya masih kurang, terlebih lagi pada lingkungan sekolah. Model pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi sebuah solusi bagi masalah yang sudah dibahas adalah model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry). Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa SMP, (2) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata surya terhadap keterampilan berkomunikasi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental (penelitian semu) tipe Nonequivalent Control Group design dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Mei tepatnya tanggal 20 s/d 30 secara luring. Sampel penelitian ini yaitu kelas 7D sebagai kelas eksperimen dan kelas 7E sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) dan pada kelas kontrol menggunakan model yang biasa digunakan di sekolah. Tehnik pengumpuan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji mann whitney. Hasil analisis data ditemukan bahwa data pretest dan posttest tidak terdistribusi normal sehingga digunakan uji mann whitney. Berdasarkan uji mann whitney diperoleh data < 0,005 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data hasil analisis observasi keterampilan komunikasi diperoleh skor dari observasi kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Berdasarkan uraian yang telah disebutkan diatas maka dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) Ada pengaruh signifikan dengan penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata Surya terhadap hasil belajar siswa SMP, (2) Ada pengaruh signifikan dengan penggunaan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) materi Tata Surya terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectKeterampilan Komunikasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation Guided Inquiry) pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Indrawati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S,Pd., M. kes.en_US
dc.identifier.validatorIghfirlinaen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 27 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record